Kepada para pengunjung yang telah mendownload bagian awal Modul : Microsoft Excel Matematika (posting di bawah) berikut ini lanjutannya:
Download Modul Lanjutan
Excel Bab III AB
Excel Bab III CDE
Selamat mendownload. Ditunggu komentarnya.
Minggu, 23 November 2008
Modul: Maple untuk Matematika (Lanjutan 1)
Jumat, 21 November 2008
Ebook Wingeom: Bab 1 Pengenalan Wingeom
Program Wingeom merupakan suatu program aplikasi komputer yang dirancang untuk mendukung pembelajaran geometri, baik dimensi dua maupun dimensi tiga. Program ini dapat digunakan sebagai mindtools pada pembelajaran geometri, di mana siswa dapat menggunakannya untuk mengembangkan kerangka berpikir geometri dimensi. Dengan program Wingeom siswa dapat mengeksplorasi, mengamati, melakukan animasi bangun-bangun dan tampilan materi geometri dimensi. Program Wingeom diharapkan dapat membantu
memvisualisasikan suatu konsep geometri dengan jelas sehingga siswa akan lebih
mudah memahami konsep-konsep geometri.
Program Wingeom merupakan salah satu perangkat lunak komputer matematika dinamik (dynamic mathematics software) untuk topik geometri. Program ini dapat digunakan untuk membantu pembelajaran geometri dan pemecahan masalah geometri. Program Wingeom merupakan program yang dapat diperoleh dan digunakan secara gratis (totally freeware ), dengan mengunduh (download) dari website: (http://www.exeter.edu/public/peanut.html).
Download Sampel Buku:
Wingeom Bab Depan
Wingeom Bab I Pengenalan Wingeom
(Ingin mendapatkan ebook lengkap? ikuti terus perkembangan blog ini)
memvisualisasikan suatu konsep geometri dengan jelas sehingga siswa akan lebih
mudah memahami konsep-konsep geometri.
Program Wingeom merupakan salah satu perangkat lunak komputer matematika dinamik (dynamic mathematics software) untuk topik geometri. Program ini dapat digunakan untuk membantu pembelajaran geometri dan pemecahan masalah geometri. Program Wingeom merupakan program yang dapat diperoleh dan digunakan secara gratis (totally freeware ), dengan mengunduh (download) dari website: (http://www.exeter.edu/public/peanut.html).
Download Sampel Buku:
Wingeom Bab Depan
Wingeom Bab I Pengenalan Wingeom
(Ingin mendapatkan ebook lengkap? ikuti terus perkembangan blog ini)
Modul : WINPLOT Program Grafik Matematika
Program Winplot ini dapat digunakan untuk menggambar grafik fungsi yang lengkap dengan sumbu-sumbu koordinatnya sehingga akan memudahkan siswa untuk menggambar grafik fungsi dan mengeksplorasi sifat-sifat grafik fungsi. Fasilitas yang dimiliki dalam program Winplot yaitu mampu untuk:
a. digunakan pada bermcam-macam fungsi matematis seperti sin x, ex, dan lain-lain.
b. dapat memperlihatkan beberapa grafik dalam sumbu yang sama.
c. memvariasikan macam-macam warna, gaya dan ketebalan, dari grafik fungsi.
d. memberi label pada grafik, sumbu, dan titik.
e. menyisipkan teks pada grafik.
f. mengatur kembali skala sumbu koordinat dengan mudah, termasuk memperbesar dan memperkecil.
g. memberi tanda pada titik-titik tertentu yang perlu diperhatikan seperti titik maksimum atau titik potong.
h. membut animasi pada grafik.
i. menggambar hasil operasi dua buah fungsi
j. menggambar transformasi (rotasi, refleksi) suatu grafik
k. menggambar luasan hasil perputaran grafik
l. mengarsir daerah dengan batas-batas kurva tertentu
........ dan masih banyak lagi lho .............
Download Modul:
Winplot Bab I
Winpot Bab II A
Winplot Bab II B
Winplot Bab III A
Winplot Bab III B
(Modul yang belum dapat didownload, akan segera diupload, silakan ikuti terus perkembangan blog ini)
Modul: MICROSOFT EXCEL UNTUK BELAJAR MATEMATIKA
Penggunaan spreadsheet dalam pembelajaran matematika sendiri dapat
dikelompokkan ke dalam tiga level yang berbeda yaitu:
1. Guru merancang template (a partially completed sheet) dan siswa melakukan
investigasi dengan memodifikasi parameter-parameter.
2. Siswa merancang lembar kerja yang merupakan bentuk lain (standar ataupun
bukan standar) dari algoritma-algoritma yang biasa dikerjakan dengan pensil
dan kertas (pencil and paper algorithms).
3. Siswa mendesain teknik mereka sendiri untuk memodelkan masalah yang
harus diselesaikan.
Download Modul:
Excel Bab I
Excel Bab II AB
Excel Bab II CDE
Excel Bab III AB
Excel Bab III CDE
(Modul yang belum dapat didownload, akan segera diupload, silakan ikuti terus perkembangan blog ini)
dikelompokkan ke dalam tiga level yang berbeda yaitu:
1. Guru merancang template (a partially completed sheet) dan siswa melakukan
investigasi dengan memodifikasi parameter-parameter.
2. Siswa merancang lembar kerja yang merupakan bentuk lain (standar ataupun
bukan standar) dari algoritma-algoritma yang biasa dikerjakan dengan pensil
dan kertas (pencil and paper algorithms).
3. Siswa mendesain teknik mereka sendiri untuk memodelkan masalah yang
harus diselesaikan.
Download Modul:
Excel Bab I
Excel Bab II AB
Excel Bab II CDE
Excel Bab III AB
Excel Bab III CDE
(Modul yang belum dapat didownload, akan segera diupload, silakan ikuti terus perkembangan blog ini)
Kamis, 20 November 2008
MODUL MAPLE UNTUK MATEMATIKA
Maple adalah suatu program aplikasi komputer untuk matematika yang diproduksi oleh Waterloo Maple Inc., Ontario, Canada. Program ini pada awalnya dikembangkan oleh civitas University of Waterloo, Canada tahun 1988 (http://www.maplesoft.com). Maple merupakan suatu Sistem Komputasi Simbolik (Symbolic Computation System) interaktif yang sangat kuat. Program ini telah banyak digunakan oleh kalangan pelajar, pendidik, matematikawan, statistikawan, ilmuwan dan insinyur untuk mengerjakan komputasi numerik dan simbolik (Garvan, 2002). Beberapa produsen industri dunia juga memakai program ini seperti Boeing, Daimler Chrysler, Nortel dan Raytheon (Tung, 2003).
Dalam Modul ini menggunakan program Maple 8. Beberapa kemampuan Maple adalah:
1.dapat mengerjakan komputasi bilangan secara exact,
2.dapat mengerjakan komputasi numerik untuk bilangan yang sangat besar.
3.dapat mengerjakan komputasi simbolik dengan sangat baik,
4.mempunyai banyak perintah bawaan dalam library dan paket-paket untuk pengerjaan matematika secara luas,
5.mempunyai fasilitas untuk pengerjaan pengeplotan dan animasi untuk grafik baik dimensi dua maupun dimensi tiga.
6.mempunyai suatu antarmuka berbasis worksheet,
7.mempunyai fasilitas untuk membuat dokumen dalam beberapa format,
8.mempunyai fasilitas bahasa pemrograman, yang dapat digunakan untuk menuliskan fungsi, paket, dan sebagainya.
DOWNLOAD MODUL:
Bab I
Bab II A
Bab II B
Bab II C
Bab II D
Bab III ABC
Bab III D
(Modul yang belum dapat didownload, akan segera diupload, silakan ikuti terus perkembangan blog ini)
Dalam Modul ini menggunakan program Maple 8. Beberapa kemampuan Maple adalah:
1.dapat mengerjakan komputasi bilangan secara exact,
2.dapat mengerjakan komputasi numerik untuk bilangan yang sangat besar.
3.dapat mengerjakan komputasi simbolik dengan sangat baik,
4.mempunyai banyak perintah bawaan dalam library dan paket-paket untuk pengerjaan matematika secara luas,
5.mempunyai fasilitas untuk pengerjaan pengeplotan dan animasi untuk grafik baik dimensi dua maupun dimensi tiga.
6.mempunyai suatu antarmuka berbasis worksheet,
7.mempunyai fasilitas untuk membuat dokumen dalam beberapa format,
8.mempunyai fasilitas bahasa pemrograman, yang dapat digunakan untuk menuliskan fungsi, paket, dan sebagainya.
DOWNLOAD MODUL:
Bab I
Bab II A
Bab II B
Bab II C
Bab II D
Bab III ABC
Bab III D
(Modul yang belum dapat didownload, akan segera diupload, silakan ikuti terus perkembangan blog ini)
Rabu, 19 November 2008
Artikel: KOMPUTER SEBAGAI ALAT BANTU BERPIKIR: SUATU KAJIAN INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN KOMPUTER
M. Andy Rudhito
Dewasa ini dan untuk waktu yang akan datang komputer telah dan akan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat kita sehari-hari. Dalam dunia pendidikan, komputer sudah mulai digunakan dan dirasakan manfaatnya, seperti dalam tutorial maupun inovasi-inovasi pembelajaran. Penggunaan komputer dalam pembelajaran matematika merupakan suatu daya tarik tersendiri bagi siswa.
Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) untuk Mata Pelajaran Matematika dari SD sampai dengan SMA, pemerintah telah mendorong digunakannya komputer dalam pembelajaran matematika. Seperti yang tercantum dalam Rambu-rambu no.7 : “Sekolah dapat menggunakan teknologi seperti kalkulator, komputer, alat peraga, atau media lainnya untuk semakin meningkatkan efektifitas pembelajaran ... “ (Depdiknas, 2003, hal: 5).
Dua kemampuan yang penting untuk mendukung ketrampilan hidup (life-skill) yang terkait dengan matematika adalah kemampuan memecahkan masalah (problem solving) dan komunikasi matematika. Dalam KBK untuk Mata Pelajaran Matematika, dua kemampuan di atas juga telah ditetapkan sebagai kemampuan yang hendak dicapai di samping beberapa kemampuan yang lain (Depdiknas, 2003, hal: 4).
Download Artikel
Langganan:
Postingan (Atom)